INDONESIAPASTI BISA

6/08/2015

Menyatukan File Unduhan Yang Dipecah Tanpa Bantuan Software

Bila anda termasuk orang yang sering mengunduh, pasti anda sering menjumpai file yang anda unduh terpecah menjadi beberapa bagian atau part,

Contoh File Unduhan yang dipecah menjadi beberapa bagian

Jika File tersebut telah selesai diunduh, maka untuk dapat menyatukannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan menggunakan Software atau dengan menggunakan perintah Batch.
Saya tidak akan membahas bagaimana cara menyatukan file dengan bantuan Software, namun saya akan membahas bagaimana menyatukan file tersebut tanpa bantuan Software.

Langkah Pertama,
bukalah Program Notepad

Langkah Kedua,
Ketikan "Copy /b" lalu diikuti dengan nama file dan extentionnya tanpa diikuti angka dibelakang file, misalnya file hasil unduhan  Gambar.rar.001 dan Gambar.rar002, maka cukup kita ketikkan "Gambar.rar.*" beri spasi lalu ketikkan nama file hasil yang kita kehendaki contoh "Gambargue.rar".

Contoh :
Contoh pada Notepad


Langkah Ketiga
 Save dengan nama Satukan.bat (nama terserah anda tetapi extention harus .bat), simpan bersama file hasil unduhan tersebut.

Langkah Keempat
Klik File Notepad yang telah kita buat tadi... maka lihat lah, file unduhan telah berhasil kita satukan, kedalam file baru yang telah kita berinama tadi.

Mudah Bukan